RIFA, ELY SUSANTI (2019) EFEKTIVITAS MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MEDANG DERAS KABUPATEN BATU BARA TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2151111018 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. NIM 2151111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (912kB) | Preview
3. NIM 2151111018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM 2151111018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM 2151111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 2151111018 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 2151111018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 2151111018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 2151111018 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
13. NIM 2151111018 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM 2151111018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis pantun dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medang Deras Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medang Deras Kabupaten Batu Bara Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 124 orang. sampel yang diambil adalah 62 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random. Selanjutnya sampel dibagi ke dalam dua kelas, yaitu 31 orang siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Concept Sentence dan 31 orang siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Hasil Penelitian disimpulkan, kemampuan menulis pantun menggunakan model pembelajaran Concept Sentence pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medang Deras Kabupaten Batu Bara Tahun Pembelajaran 2019/2020 adalah baik dengan nilai rata-rata 80,06. Sedangkan kemampuan menulis pantun menggunakan model pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medang Deras Kabupaten Batu Bara Tahun Pembelajaran 2019/2020 adalah cukup denga nilai rata-rata 68,12. Model Pembelajaran Concept Sentence lebih efektif dalam kemampuan siswa menulis pantun daripada model pembelajaran Ekspositori. Hal ini terbukti dari hasil uji t diperoleh thitung > ttabel(0,05) yakni 3,45 > 2,04.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 189 |
Keywords: | Efektivitas, Model Concept Sentence, Pantun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:26 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36992 |