HARTIKA (2019) PENGARUH LAYANAN INFORMASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X1 MIA 5 SMA NEGERI 1 SECANGGANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1151151012_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1151151012_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
3. NIM. 1151151012_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 1151151012_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
5. NIM. 1151151012_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 1151151012_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1151151012_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1151151012_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1151151012_BAB I.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
13. NIM. 1151151012_BAB V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
14. NIM. 1151151012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan Informasi pendekatan Saintifik terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Secangang Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental dengan desain Pre test-post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas XI MIA 5 yang tingkat Motivasi Belajarnya rendah. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar. Dari 40 item angket yang diuji cobakan kepada 26 siswa dari kelas XI MIA 3 diperoleh 33 item angket yang valid dan 7 yang tidak valid. Berdasarkan hasil perhitungan yang menggunakan rumus Cronbach alpha, reliabilitas diketahui 0,91 dan setelah dibandingkan dengan indeks korelasi termasuk dalam kategori reliabilitas sangat tinggi. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh layanan informasi pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 64,03 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 96,16 Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 237 sedangkan Jtabel = 109. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 30, α = 0,05 sesuai dengan kriteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu Jhitung > Jtabel di mana 237> 109, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh layanan informasi pendekatan saintifik terhadap Motivasi Belajar siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Secanggang Tahun Ajaran 2019/2020 atau hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 067 |
Keywords: | Layanan informasi; Pendekatan Saintifik;Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:26 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36988 |