Nainggolan, Meyhard Efrain (2019) PENGARUH MEDIA MOVIE MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR TATA HIDANG SISWA KELAS XI SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133342017 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
3. NIM. 5133342017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4. NIM. 5133342017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. NIM. 5133342017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
6. NIM. 5133342017 TABLES.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7. NIM. 5133342017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. NIM. 5133342017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
9. NIM. 5133342017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
13. NIM 5133342017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
14. NIM 5133342017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar tata hidang siswa yang menggunakan media movie maker; (2) Hasil belajar tata hidang siswa yang menggunakan media powerpoint; (3) Pengaruh Media Movie Maker Terhadap Hasil Belajar Tata Hidang. Teknik pengambilan sampel secara Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 68 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran movie maker pada mata pelajaran Tata Hidang termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 85,29 persen. Tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran powerpoint pada mata pelajaran Tata Hidang termasuk kategori cenderung kurang yaitu sebesar 55,88 persen. Hasil uji normalitas dari kedua kelas tersebut yaitu berdistribusi normal. Pada kelas yang menggunakan media pembelajaran movie maker dengan nilai X2hitung < X2tabel = (4,65 < 11,07) dan kelas yang menggunakan media pembelajaran powerpoint dengan nilai X2hitung < X2tabel = (5,18 < 11,07). Untuk hasil uji homogenitas diperoleh nilai Fhitung = 1,11 dan Ftabel = 1,85. Maka dapat disimpulkan Fhitung < Ftabel = (1,11 < 1,85) yang berarti data hasil belajar yang menggunakan media pembelajaran movie maker dan data hasil belajar yang menggunakan media pembelajaran powerpoint adalah homogen. Berdasarkan hasil uji t terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran Movie Maker terhadap hasil belajar Tata Hidang di SMK Negeri 8 Medan dengan nilai thitung > ttabel (23,95 > 1,671) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya media pembelajaran movie maker berpengaruh nyata terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Tata Hidang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BOGA 060 |
Keywords: | Movie Maker; Tata Hidang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:25 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36975 |