JURIAH, NUR EVIDATUN (2019) KEMAMPUAN LITERASI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI PADA MATERI PENELITIAN GEOGRAFI DI KELAS X IPS SMA SWASTA AL - WASHLIYAH 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3151131031 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. NIM. 3151131031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. NIM. 3151131031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM. 3151131031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
5. NIM. 3151131031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
6. NIM. 3151131031 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 3151131031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 3151131031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM. 3151131031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
10. NIM. 3151131031 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM. 3151131031 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 3151131031 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
13. NIM. 3151131031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (766kB) | Preview
14. NIM. 3151131031 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
15. NIM. 3151131031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
16. NIM. 3151131031 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Literasi Siswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Penelitian Geografi Di Kelas X IPS SMA Swasta Al – Washliyah 3 Medan.
Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020, sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS SMA Swasta Al – Washliyah 3 Medan dengan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli media dan ahli materi untuk menguji kualitas media interaktif berbasis animasi dan angket tes kemampuan literasi siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis animasi. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kemampuan literasi siswa terhadap kualitas media.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi kualitas media pembelajaran interaktif berbasis animasi terkategori sangat baik untuk digunakan pada materi penelitian geografi dengan persentase 85,6% pada validasi tahap 1 meningkat menjadi 94,6% pada validasi tahap 2, sedangkan dilihat dari segi materi pembelajaran interaktif berbasis animasi pada materi penelitian geografi terkategori sangat baik dengan persentase 87,33% pada validasi tahap 1 menigkat menjadi 96,4% pada validasi tahap 2. Dilihat dari tahap menulis dan meringkas, tahap menceritakan ulang dan tahap mengembangkan cerita menggunakan test kemampuan literasi siswa terhadap media di kelas X IPS SMA Swasta al – washliyah 3 medan mendapatkan persentase 88,88% dengan kriteria sangat baik.
Sedangkan dilihat dari hasil kemampuan literasi siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis animasi pada materi penelitian geografi dapat diketahui bahwa skor yang diperoleh masing – masing siswa yang mendapatkan nilai persentase sebesar 16,67 % sebanyak 5 siswa dengan kriteria tinggi, sedangkan skor yang di peroleh masing – masing siswa yang mendapatkan nilai persentase 83,33 % sebanyak 25 siswa dengan kriteria sangat tinggi. Kemudian kemampuan literasi siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis animasi pada materi penelitian geografi mendapatkan jumlah keseluruhan dengan nilai persentase sebesar 100 % dengan kriteria sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 GEO 133 |
Keywords: | Kemampuan Literasi Siswa, Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:25 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 09:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36949 |