DHANI, SRI RAMADHANI (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF - EFFICACY SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU NURUL AZIZI MEDAN T. A 2017 / 2018. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 8156172038 COVER.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
2. NIM. 8156172038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (885kB) | Preview
3. NIM. 8156172038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
4. NIM. 8156172038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. NIM. 8156172038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
6. NIM. 8156172038 TABLES.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
7. NIM. 8156172038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
8. NIM. 8156172038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8156172038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 8156172038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM. 8156172038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 2) kepraktisan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 3) keefektifan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 4) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 5) peningkatan self-efficacy dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 6) mengidentifikasi proses jawaban siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), produk yang dihasilkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, buku petunjuk guru, dan buku siswa.Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Four-D dengan 4 tahap yaitu: define, design, develop dan disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B di SMP Islam Terpadu Nurul „Azizi Medan. Dari hasil ujicoba I dan ujicoba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, baik dalam validitas isi maupun validitas konstruk. 2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis, 3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi criteria efektif, 4) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 5) terdapat peningkatan self-efficacy siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 6) proses jawaban pada ujicoba II lebih banyak memperoleh kriteria penilaian “baik”. Proses jawaban siswa pada ujicoba II lebih terstruktur, sistematis, serta sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah,Model Four- D Thiagarajan, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self - Efficacy |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:24 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36939 |