MUDA SIREGAR, DALMI ISKANDAR (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN KOMPONEN MESIN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK OTOMOTIF PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK AR-RAHMAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01 NIM.5151122002 COVER.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
02 NIM.5151122002 APPROVAL SHETT.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
03 NIM.5151122002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
04 NIM.5151122002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
05 NIM.5151122002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
06 NIM.5151122002 TABLES.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
07 NIM.5151122002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
08 NIM.5151122002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
09 NIM.5151122002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (920kB) | Preview
13 NIM.5151122002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
14 NIM.5151122002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
Abstract
Gambar Teknik Otomotif siswa kelas X TKR 1 SMK Ar-Rahman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ativitas dan hasil belajar Gambar Teknik
Otomotif siswa, melalui penerapan Model Pembelajaran PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) di SMK AR-Rahman Gaperta Ujung No 58 yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik Otomotif dengan menggunakan model PBL. Prosedur
penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Sedangkan
teknik analisis data yaitu dengan data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil ativitas belajar siswa pada siklus I yaitu tidak ada siswa yang memiliki ativitas belajar yang sangat aktif, 0 orang siswa masuk dalam kategori
sangat aktif dengan persentase 0%, 9 siswa masuk dalam kategori aktif dengan persentase 30%, 16 orang siswa masuk dalam kategori cukup aktif dengan persentase
53,33% dan 5 siswa masuk dalam kategori kurang aktif dengan presentase 16,67%. Terjadi kenaikan pada siklus II sebanyak 16 siswa masuk dalam kategori sangat aktif
dengan persentase 53,33%, 10 siswa masuk dalam kategori aktif dengan persentase 33,33% , 4 siswa masuk dalam kategori cukup aktif dengan persentase 13,33%, dan
tidak ada siswa masuk dalam kategori kurang aktif. Sedangkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 19 siswa (63,33%) yang tuntas menjadi 25 siswa (83,33%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 80% siswa memperoleh nilai ≥75. Dari
perolehan hasil belajar dan lembar observasi aktifitas belajar siswa, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran problem based learning Menggunakan
Kompenen Mesin Sebagai Medi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Otomotif (GTO) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X Teknik
Kendaraan Ringan Tahun Ajaran 2019/2020 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar gambar teknik otomotif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 OTM 047 |
Keywords: | KREATIFITAS BELAJAR, HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:24 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36938 |