HAMBALI, BAMBANG (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF SISWA KELAS X TKR SMKN 4 PADANG SIDEMPUAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5152122001 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2. NIM 5152122001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
3. NIM. 5152122001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4. NIM. 5152122001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5. NIM 5152122001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
6. NIM 5152122001 TABLE.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. NIM 5152122001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM 5152122001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
9. NIM 5152122001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
13. NIM 5152122001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. 5152122001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya ativitas dan hasil belajar teknik dasar otomotif siswa kelas X TKR 1 SMKN 4 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ativitas dan hasil belajar Pengetahuan Dasar Teknik Otomotif siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Inkuiri.
Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 4 Padangsidimpuan yang beralamatkan di Jalan Perkebunan Pijorkoling, kota Padang Sidempuan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 dengan subjek siswa kelas X TKR 1 yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian TindakanKelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kualitatif dan data kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil ativitas belajar siswa pada siklus I yaitu tidak ada siswa yang memiliki ativitas belajar yang sangat aktif, 0 orang siswa masuk dalam kategori sangat aktif dengan persentase 0%, 9 siswa masuk dalam kategori aktif dengan persentase 30%, 16 orang siswa masuk dalam kategori cukup aktif dengan persentase 53,33% dan 5 siswa masuk dalam kategori kurang aktif dengan presentase 16,67%. Terjadi kenaikan pada siklus II sebanyak 12 siswa masuk dalam kategori sangat aktif dengan persentase 40%, 14 siswa masuk dalam kategori aktif dengan persentase 46,67% , 4 siswa masuk dalam kategori cukup aktif dengan persentase 33,33%, dan tidak ada siswa masuk dalam kategori kurang aktif.
Sedangkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 17 siswa (56,67%) yang tuntas menjadi 25 siswa (83,33%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 80% siswa memperoleh nilai ≥ 75.
Dari perolehan hasil belajar dan lembar observasi aktifitas belajar siswa, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Otomotif Pada Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Tahun Ajaran 2019/2020 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknologi dasar otomotif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 OTM 049 |
Keywords: | KREATIFITAS BELAJAR; HASIL BELAJAR; MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:24 |
Last Modified: | 14 Feb 2020 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36936 |