GAOL, CEMPANG LUMBAN (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR KONSTRUKSI DAN TEKNIK PENGKURAN TANAH SISWA KELAS X DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5153111014 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 5153111014 LEMBAR PENGESAHAN_2.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
3. NIM. 5153111014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4. NIM. 5153111014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5. NIM. 5153111014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 5153111014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
7. NIM. 5153111014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
8. NIM. 5153111014 BAB I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
12. NIM. 5153111014 BAB V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13. NIM. 5153111014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan melalui penerapan model
pembelajaran think pair share. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa
kelas X program keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan pada SMK Negeri 2 Medan yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, tiap
siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi dengan materi spesifikasi dan karakteristik beton. Untuk mengukur hasil belajar
siswa digunakan tes soal pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 25 soal. Sebelum alat ukur digunakan terlebih dahulu di uji coba. Pada uji coba tes hasil
belajar siklus I, dari 25 soal diperoleh 17 soal yang valid dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 15soal yang mudah, 2 soal yang sedang, uji daya beda
soal 12 soal kategori cukup dan 5 soal kategori baik. Sedangkan pada siklus II, dari 25 soal diperoleh 18 soal yang valid, dan uji tingkat kesukaran didapat 8 soal
yang mudah 10 soal yang sedang, sedangkan uji daya beda 6 soal kategori cukup dan 9 soal kategori baik dan 3 soal kategori baik sekali. Analisa data menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 75,18 dengan persentase kelulusan 75 % (ketuntasan klasikal)meningkat menjadi 85,24 pada siklus II dengan persentase kelulusan 100% (ketuntasan klasikal). Dapat disimpulkan
bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X program keahlian desain Permodelan
dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BAN 070 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Think Pair Share ( TPS), Dasar-Dasar Konstruksi Dan Teknik Pengukuran Tanah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:24 |
Last Modified: | 14 Feb 2020 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36933 |