WAHYUDI, ANDRI (2019) PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN) SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SEI LEPAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 3142111001 COVER.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
2. NIM. 3142111001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
3. NIM. 3142111001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4. NIM. 3142111001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM. 3142111001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM. 3142111001 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 3142111001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 3142111001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
12. NIM. 3142111001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
13. NIM. 3142111001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan secara faktual mengetahui Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Sei Lepan Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sei Lepan Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 4 kelas. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih secara purposive sampling dari populasi yang ada. Kelas eksperimen diajar dengan Metode Gerakan Literasi Sekolah. Kelas kontrol diajar tanpa Metode Gerakan Literasi Sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel yang diambil dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok 1 sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan pembelajaran Metode Gerakan Literasi Sekolah dan kelompok 2 sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, pengujian instrumen soal dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil pretes dan postes, diperoleh rata – rata peningkatan hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen sebesar 88,8% dan untuk kelas kontrol sebesar 56,35%. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,80 > 1,668 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan db = 72. Hal ini berarti Ho ditolak, maka Ha dapat diterima, sehingga peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Gerakan Literasi Sekolah pada pembelajaran PPKn lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan tanpa menggunakan Gerakan Literasi Sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PKN 144 |
Keywords: | GERAKAN LITERASI SEKOLAH, HASIL BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:24 |
Last Modified: | 14 Feb 2020 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36927 |