SITOHANG, DESMON WALSEN (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 3153321008 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 3153321008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (716kB) | Preview
3. NIM 3153321008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. NIM 3153321008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
5. NIM 3153321008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM 3153321008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM 3153321008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM 3153321008 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
12. NIM 3153321008 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
13. NIM 3153321008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya keterbatasan media pembelajaran dalam mata pelajaran sejarah. Dan penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research And Development) yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran lectora inspire yang dikembangkan. Pengembangan media pembelajaran lectora inspire menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall yang di adopsi oleh Sugiyono. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian meliputi 9 (sembilan) tahapan yaitu : yakni tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Medan. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi, ahli media, dan angket uji produk oleh pengguna (siswa). Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi validitas isi oleh ahli materi mencapai nilai 71,66 dengan kategori cukup valid dan layak, ahli media 93,33 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran lectora inspire yang dikembangkan layak untuk dijadikan media pembelajaran pada materi kolonialisme dan imperialisme bangsa barat di indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 SJRH 158 |
Keywords: | Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Penelitian dan Pengembangan (R&D) |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:24 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36926 |