SIMATUPANG, ROSMAWATY (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 8176171027 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 8176171027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (803kB) | Preview
3. NIM. 8176171027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM 8176171027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. NIM 8176171027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM 8176171027 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM 8176171027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 8176171027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8176171027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (826kB) | Preview
13. NIM 8176171027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM 8176171027 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui: (1) tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah pembelajaran problembased
learning, (2) kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis setelah pembelajaran problem-based learning, (3) self-efficacay siswa pada pembelajaran problem-based learning. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Tunas Baru Jin Seung Batam kelas VII-A yang berjumlah 38 siswa, kemudian untuk subjek wawancara dipilih berdasarkan
tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan tahapan Polya dan skala self-efficacy menurut dimensi Bandura. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kategori penilaian siswa berdasarkan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis dari tertinggi ke terendah secara berurutan: kemampuan tinggi 8 orang, sedang 20 orang, dan rendah 10 orang. (2) Kesalahan yang dilakukan
siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah adalah siswa berkemampuan tinggi 1 orang melakukan kesalahan pada tahap melaksanakan rencana dan 3 orang salah pada tahap memeriksa kembali. Siswa berkemampuan sedang melakukan kesalahan pada tahap membuat rencana sebesar 7 orang, pada tahap melaksanakan rencana 11 orang dan tahap memeriksa kembali sebesar 20 orang. Siswa berkemampuan rendah melakukan kesalahan pada tahap membuat rencana sebesar 10 orang, pada tahap melaksanakan rencana 10 orang dan tahap memeriksa kembali sebesar 10 orang. (3) Self-efficacy siswa berdasarkan dimensi Magnitude
dengan tingkat self-efficacy sangat tinggi sebanyak 1 orang, tingkat tinggi sebanyak 2 orang, tingkat sedang sebanyak 5 orang dan tingkat rendah seanyak 5 orang. Dimensi Streanght dengan tingkat self-efficacy tinggi sebanyak 3 orang, tingkat sedang sebanyak 8 orang, dan tingkat rendah sebanyak 6 orang. Dimensi Generality dengan tingkat self-efficacy sangat tinggi sebanyak 2 orang, tingkat tinggi sebanyak 2 orang, tingkat sedang sebanyak 3orang, dan tingkat rendah sebanyak 1 orang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | analisis, kemampuan pemecahan masalah matematis, self-efficacy, problem-based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2366 College examinations L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2371 Graduate education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:22 |
Last Modified: | 10 Feb 2020 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36904 |