TANJUNG, IRA ANGGRAINI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MELENGKAPI UNSUR-UNSUR TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA GOTONG ROYONG PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2153111018 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
02. NIM 2153111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
03. NIM 2153111018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
04. NIM 2153111018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
05. NIM 2153111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
06. NIM 2153111018 TABLES.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
08. NIM 2153111018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
12. NIM 2153111018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
13. NIM 2153111018 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Melengkapi Unsur-unsur Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Gotong Royong Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2019/2020. Program Studi Bahasa Indonesia/S1. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Gotong Royong Pematangsiantar berjumlah 129 orang dan menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 orang yang diambil secara acak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan melengkapi unsur-unsur teks berita dalam bentuk essay. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan ada perbedaan hasil kemampuan melengkapi unsur-unsur teks berita sebagai berikut: 1) Kemampuan melengkapi unsur-unsur teks berita siswa kelas VIII SMP Swasta Gotong Royong Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2019/2020 sebelum menggunakan model pembelajaran scramble (pre-test) dengan nilai rata-rata = 58,38 Standar Deviasi = 3,10 dan Standar Error = 0,55, 2) Kemampuan melengkapi unsur-unsur teks berita siswa kelas VIII SMP Swasta Gotong Royong Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2019/2020 sesudah menggunakan model pembelajaran scramble (post-test) dengan nilai rata-rata = 76,71 Standar Deviasi = 6,34 dan Standar Error = 1,14, 3) Pengujian Hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dari perhitungan uji hipotesis diperoleh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 191 |
Keywords: | Kemampuan, melengkapi, teks berita, model scramble |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:22 |
Last Modified: | 11 Feb 2020 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36886 |