SIHOMBING, MARDIMPU (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 8166122012 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM 8166122012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. NIM 8166122012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM 8166122012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
5. NIM 8166122012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM 8166122012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 8166122012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. NIM 8166122012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8166122012 BAB I.pdf - Published Version
Download (746kB) | Preview
13. NIM 8166122012 BAB V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
14. NIM 8166122012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kelayakan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learningpada pembelajaran geografi, (2) efektivitas penggunaan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning
pada pembelajaran geografi.Tahapan penelitian ini adalah tahapan analisis kebutuhan, tahap perencanaan media pembelajaran, dan desain. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan Model
Pengembangan Dick and Carey yang dipadukan dengan Borg and Gall, dengan melibatkan partisipan sebanyak 72 orang yang diambil secara acak klaster dari siswa kelas X SMA Negeri 12 Medan. Angket validasi dari ahli digunakan untuk menelusuri kelayakan media dan tes hasil belajar geografi dikembangkan dan diuji coba untuk menguji hasil belajar. Data dianalisis dengan statistic deskriptif untuk menggambarkan keadaan data. Persyaratan analisis dan uji hipotesis diuji dengan statistic inferensial.
Persyaratan analisis dengan uji lilliefors adalah terpenuhi. Tahap pengembangan dan tahap uji coba atau validasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Uji ahli materi geografi sangat baik (97,05 %), (2) Uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (89,18%), (3) Uji desain pembelajaran sangat baik (94%),
(4) Uji perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (94.81%), (5) Uji kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (96,10% ), (6) Uji lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (94,81 % ). Hasil belajar geografi membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara yang menggunakan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning dengan power point. Ditunjukkan dengan hasil 31,08> 26,58 , ᾳ = 0,05. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan, hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data thitung = 4,57 pada taraf signifikansi =
0,05 ttabel = 2,75. Disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil
belajar geografi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | hasil belajar, multimedia interaktif, adobe flash cs6 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:21 |
Last Modified: | 06 Feb 2020 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36862 |