BIN ROSLAN, MOHAMAD AJWAD SYUKRI (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP SIKAP JUJUR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1154651002_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1154651002_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3. NIM. 1154651002_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
4. NIM. 1154651002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. NIM. 1154651002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 1154651002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1154651002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 1154651002_BAB I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
12. NIM. 1154651002_BAB V.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
13. NIM. 1154651002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap sikap jujur pada siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Sikap Jujur Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental dengan jenis Pre test-post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas VIII-7 yang sikap jujur rendah. Instrumen yang digunakan adalah skala sikap jujur. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap sikap jujur pada siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 78 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 138,4. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 20 sedangkan Jtabel = 8. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=10, α= 0,05 sesuai dengan kriteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu Jhitung > Jtabel di mana 20>8, dari perhitungan ini
dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap sikap jujur pada siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan Tahun
Ajaran 2019/2020 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 080 |
Keywords: | Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi, Sikap Jujur |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF725 Class psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:20 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36824 |