ARDILA, PUTRI YUNITA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI 010246 BANJAR T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM.1153311065_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2.NIM.1153311065_LEMBAR PERSETUJUAN&RIWAYAT HIDUP .pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
3.NIM.1153311065_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
4.NIM.1153311065_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5.NIM.1153311065_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
6.NIM.1153311065_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7.NIM.1153311065_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8.NIM.1153311065_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9.NIM.1153311065_BAB I .pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
13.NIM.1153311065_BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14.NIM.1153311065_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V. serta proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match dengan teknik Numbered Heads Together terhadap hasil belajar IPS.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 010246 Banjar yang berjumlah 54 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN 010246 Banjar, yang terdiri dari dua kelas yaitu: kelas V A kelas
eksperimen 1 berjumlah 27 siswa dan kelas V B kelas eksperimen 2 berjumlah 27 siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Alat pengumpulan data yang
digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dengan jumlah 30 soal yang telah diuji Validasi dan Reliabilitasnya.
Dari analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen I pada pretest (67,77) dan postest (85,92) sedangkan pada kelas eksperimen II pretest (55,55)
dan postest (79,63) pada taraf signifikan (α = 0,05) kedua kelas berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel yaitu Lhitung (0,125) < Ltabel (0,161), (kelas
eksperimen 1) dan Lhitung (0,157) < Ltabel (0,161), (kelas eksperimen 2). Uji homogenitas pada postest kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dengan nilai F(max) < Ftabel yaitu 1,07 < 2,07. Dilakukan uji t pada taraf (α = 0,05) thitung > ttabel yaitu 4,177 > 2,018.
Dengan ini membuktikan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga penulis menyimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif teknik Make A Match dengan teknik Numbered Heads Together yang signifikan terhadap hasil belajar IPS di kelas V SDN 010246 Banjar T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 278 |
Keywords: | Make a Match, Numbered Heads Together |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:20 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36823 |