HIDAYATI, ANNISA (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 105292 BANDAR KLIPPA T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1153311002_COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM. 1153311002_LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
3. NIM. 1153311002_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4.NIM. 1153311002_KATA PENGANTAR .pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
5. NIM. 1153311002_DAFTAR ISI .pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM. 1153311002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1153311002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1153311002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1153311002_BAB I .pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
13. NIM. 1153311002_BAB V .pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 1153311002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya Motivasi belajar siswa kelas V di SDN 105292 Bandar Klippa T.A 2018/2019, serta proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas yang menggunakan media pembelajaran video dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran video pada materi Tema 1 Subtema 1 di SD Negeri 105292 Bandar
Klippa. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 105292 Bandar klippa dengan jumlah 50 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 105292 Bandar Klippa, yang terdiri dari dua kelas yaitu: kelas V A sebagai kelas eksperimen
berjumlah 25 siswa dan kelas V B sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket). Validitas instrumen didapatkan dari pendapat para ahli dan diujicobakan. Validitas konstruksi dihitung dengan analisis item yaitu dengan mengkorelasikan antar nilai tiap-tiap butir pertanyaan dengan skor total dengan menggunakan product moment. Reliabilitas diuji dengan menggunakan rumus Alfa Cronbach. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t komparatif dua sampel independen.
Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran video dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran video (t hitung = 1,16285 > t tabel α 5 % = 0,17742). Motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol ( motivasi belajar kelas eksperimen = 83,80 > motivasi
belajar kelas kontrol = 72,80).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 279 |
Keywords: | PEMBELAJARAN VIDEO , MOTIVASI BEALAJAR |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:20 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36822 |