Tanjung, Paimin (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VIII SISWA SMP NEGERI 1 DOLOK PANRIBUAN. Masters thesis, UNIMED.
Cover.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
Persetujuan Penguji.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
8106122028 Abstrak.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8106122028 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
8106122028 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8106122028 Bab I.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
8106122028 Bab V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
8106122028 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan strategi discovery lebih tinggi dari hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) apakah hasil belajar IPA siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual, (3) apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan yang berjumlah 213 orang. Tekhnik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling, dengan dua kelompok perlakuan yaitu untuk strategi pembelajaran discovery dan strategi pembelajaran ekspositori dengan jumlah sampel 64 orang. Instrumen pengumpulan data digunakan tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 40 butir soal, dan memiliki reliabilitas 0,90, serta untuk menentukan data gaya belajar siswa digunakan tes baku yang dikembangkan oleh Richard Bandler dan Jhon Grinder. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan design penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisi data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan a = 0,05. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran discovery lebih tinggi dari hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori dengan Fhitung = 6,36 > Ftabel = 3,98, (2) hasil belajar IPA siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dengan Fhitung = 8,64 > Ftabel = 3,98, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA dengan Fhitung = 29,41 > Ftabel = 3,98. Perhitungan uji lanjut dengan menggunakan Uji Scheffe menunjukkan bahwa siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran discovery memperoleh hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Sedangkan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik memperoleh hasil belajar IPA yang lebih tinggi jika dibelajarkan dengan strategi pembelajaran discovery dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Tan p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Pembelajaran discovery; Pembelajaran ekspositori; Gaya belajar kinestetik; Gaya belajar visual; Belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2018 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3682 |