Sari, Novi Fitriandika (2012) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI SE-KECAMATAN MEDAN KOTA PADA MATERI BIOLOGI MELALUI PETA KONSEP DAN ANGKET. Masters thesis, UNIMED.
8106174012 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8106174012 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (789kB) | Preview
8106174012 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
8106174012 - BAB I.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
8106174012 - BAB V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
8106174012 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesulitan Belajar Siswa Materi Biologi Berdasarkan Peta Konsep dan Angket di SMP Negeri se-Kecamatan Medan Kota. Penelitian ini bersifat deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII yang memiliki nilai tidak tuntas pada materi biologi (nilai di bawah 65) yang tersebar di lima SMP Negeri se-Kecamatan Medan Kota, antara lain SMP Negeri 3 Medan, SMP Negeri 4 Medan, SMP Negeri 6 Medan, SMP Negeri 8 Medan dan SMP Negeri 12 Medan. Teknik penarikan sampel yaitu digunakan teknik sampel total berdasarkan ketidaktuntasan siswa pada materi biologi. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan instrumen peta konsep dan angket. Hasil penelitian berdasarkan persentase peta konsep dan angket menunjukkan bahwa, kesulitan belajar siswa pada materi IPA Biologi sub materi pemberian nama ilmiah melalui peta konsep kategori tinggi (66,47%) dan angket kategori kesulitan sangat tinggi (96,47%), hubungan sel-jaringan melalui peta konsep kategori tinggi (66,23%) dan angket kesulitan belajar kategori sangat tinggi (90,35%), keanekaragaman tingkat jaringan melalui peta konsep dengan kategori tinggi (62,80%) dan angket kesulitan belajar kategori sangat tinggi (86,97%), bagian-bagian sel melalui peta konsep cukup tinggi (60,84%) dan angket kesulitan belajar dengan kategori sangat tinggi (84,12%). Hal ini didukung pula oleh faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa yaitu, kesulitan memahami buku pegangan sekolah (35,76%), penjelasan guru kurang dapat dipahami (25,55%), terlalu banyak bahasa latin yang tidak dimengerti (15,33%), kurangnya media pembelajaran (10,22%), materi terkesan bersifat abstrak (7,30%) dan kurangnya buku sumber lain (5,84%).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.071 Sar a |
Keywords: | Kesulitan belajar; Biologi; Concept mapping; Dunia tumbuhan; Organisasi kehidupan; Makhluk hidup; Angket |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2018 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3676 |