NASUTION, RIZQI AULIA ANASTA (2019) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU KOLASE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP KELAS IV SD NEGERI 104188 MEDAN KRIO T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1153311071_COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 1153311071_LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (583kB) | Preview
3. NIM. 1153311071_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 1153311071_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
5. NIM. 1153311071_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 1153311071_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1153311071_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1153311071_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1153311071_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM. 1153311071_BAB I.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
14. NIM. 1153311071_BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15. NIM. 1153311071_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Media pembelajaran kolase merupakan sarana media untuk kegiatan menempel kedalam bentuk gambar. Latar belakang dari penelitian ini adalah tidak adanya media yang digunakan dalam proses pembelajaran, bahkan untuk materi
kolase guru tidak menyajikan media apapun kecuali buku pelajaran. Berdasarkan hal tersebutlah dilakukannya penelitian mengenai Pengembangan Media Buku Kolase Dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Pendekatan Scientific pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SD Negeri 104188 Medan Krio.
Rumusan masalah pada penelitian ini apakah Pengembangan Media Buku Kolase Dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Pendekatan Scientific Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Valid dan Praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran di Kelas IV SD Negeri 104188 Medan Krio T.A 2019/2020.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reserch and Development). Adapun model yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu : (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation.
Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran buku kolase berbasis pendekatan scientific telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Hal ini dilihat dari persentase kevalidan ahli materi pada pertemuan pertama yaitu 56% dan 94% pada pertemuan 2, pada pertemuan pertama dengan ahli media diperoleh nilai sebesar 80% dan pertemuan kedua sebesar 86%. Sedangkan nilai kepraktisan
media yang diperoleh dari guru pada pertemuan pertama adalah 81% dan pada pertemuan kedua adalah 93%. Nilai-nilai tersebut menunjukkan perubahan yang signifikan.
Berdasarkan pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga media pembelajaran buku kolase dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 280 |
Keywords: | PENGEMBANGAN, MEDIA PEMBELAJARAN, KOLASE, PEMBELAJARAN TEMATIK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:17 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36736 |