UTAMI, ARFANI (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI TK AL - IHSAN MEDAN PETISAH T. A 2019 / 2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
02 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
03 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
04 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - PREFACE.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
05 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
06 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
07 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - TABLES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
08 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
09 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
13 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
14 NIM. 1151113003 ARFANI UTAMI - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard terhadap perkembangan kognitif anak usia 5 – 6 tahun di TK Al – Ihsan Medan Petisah.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 20 orang anak dan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok
yang memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1 dan kelas B2. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel kelas B1 sebanyak 10 anak dan kelas B2 sebanyak 10 anak. Variabel bebas adalah kegiatan media flashcard sedangkan variabel terikat adalah perkembangan kognitif. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi.
Analisis data menggunakan uji U Mann-Whitney. Dan observasi dilakukan pengobservasi dengan pedoman observasi yang telah disediakan. Dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 13 dengan kategori
(baik sekali ) dengan nilai tertinggi 14 dan nilai terendah 11, sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 9,1dengan kategori (cukup baik) dengan nilai tertinggi 11 dan nilai terendah 6. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Perkembangan Kognitif anak yang dibelajarkan dengan menggunakan media flashcard dengan memperoleh Uhitung <Utabel, yaitu 0,5 < 19 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian kegiatan media flashcard berpengaruh
secara signifikan terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK AL – IHSAN Medan Petisah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PAUD 077 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199 Games and amusements > GV1203 Children's games and amusements L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:16 |
Last Modified: | 17 Dec 2019 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36723 |