F.P, CHRISTIN (2019) PENGARUH KEGIATAN MERONCE MANIK-MANIK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK METHODIST 6 MEDAN HELVETIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01 NIM. 1153313006 CHRISTIN F.P - COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
02 NIM. 1153313006 CHRISTIN F.P - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
03 NIM. 1153313006 CHRISTIN F.P - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
04 NIM. 1153313006 CHRISTIN F.P - PREFACE.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
05 NIM. 1153313006 CHRISTIN F.P - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
06 NIM. 1153313006 CHRISTIN F.P - TABLES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
07 NIM. 1153313006 CHRISTIN F.P - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
08 NIM. 1153313006 CHRISTIN F.P - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
09 NIM. 1153313006 CHRISTIN F.P - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
13 NIM. 1153313006 CHRISTIN F.P - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14 NIM. 1153313006 CHRISTIN F.P - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kognitif anak dalam kegiatan meronce manik-manik dimana anak belum bisa memasukkan manik-manik kedalam benang sesuai warna, dan bentuk. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh kegiatan meronce manik-manik terhadap kemampuan kognitif anak di TK Methodist 6 Medan T.A 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan Quasi Eksperimental dengan bentuk posttest only control desain. Populasi penelitian ini adalah kelompok B anak usia 5-6 tahun di Methodist 6
Medan menggunakan 2 kelas yaitu B-1 kelas eksperimen jumlah 30 anak dan B-3 kelas kontrol jumlah 28 anak. pengambilan sampel dipilih purposive random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Data dianalisis dengan teknik statistic deskriptif dengan Uji Mann Whitney (U-Test), yang dilanjut dengan uji signifikasi pada 0,025. Hasil penelitian menunjukkan dengan perlakuan yang berbeda diperoleh skor kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan metode
eksperimen sebesar 7,23 sedangkan skor yang diperoleh dengan menggunakan kegiatan kolase sebesar 6,10. Hal ini terlihat bahwa nilai ∝/2 = 0,05/2 = 0, 025, n1 = 30, n2 = 28 sehingga diperoleh hasil Zhitung = - 1,999 dan Ztabel = 1,96 dengan nilai Zhitung > Ztabel maka ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dikelas B-1 dengan menggunakan kegiatan meronce manik-manik dan kelas B-3 menggunakan kegiatan kolase.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PAUD 080 |
Keywords: | MERONCE, KEMAMPUAN KOGNITIF |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:16 |
Last Modified: | 17 Dec 2019 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36714 |