Muhammad Nst, faisal (2019) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DITINJAU DARI SEGI TINGKAT KESUKARAN DAYA BEDA DAN EFEKTIVITAS PENGECOH DI SMP KARTIKA I-1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2153111011 COVER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
2. NIM 2153111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
3. NIM. 2153111011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM. 2153111011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM. 2153111011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6. NIM 2153111011 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 2153111011 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
8. NIM 2153111011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
12. NIM 2153111011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
13. NIM 2153111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas butir soal ujian akhir semester genap kelas VIII SMP Kartika I-1 Medan ditinjau dari tingkat kesukaran, daya
beda, dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dimaksudkan untuk mencari informasi yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan kualitas tes. Objek penelitian ini adalah Soal Ujian Akhir Semester Genap di SMP Kartika I-1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dimana untuk mengetahui kualitas butir soal digunakan rumus dari tingkat kesukaran, daya beda, dan efektivitas pengecoh. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil sebagai berikut: Soal yang termasuk kategori sukar berjumlah 5 butir soal (12.5%). Soal yang termasuk kategori sedang berjumlah 16 butir soal(40%), dan soal yang
termasuk kategori mudah berjumlah 19 butir soal (47.5%). Soal yang termasuk
kategori baik sekali berjumlah 11 butir soal (27.5%), Soal yang termasuk kategori baik berjumlah 11 butir soal (27.5%). Soal yang termasuk kategori cukup berjumlah 5 butir soal (12.5%). Soal yang termasuk kategori jelek berjumlah 7 butir soal (17.5%). Soal yang termasuk kategori semuanya tidak baik berjumlah 6 butir soal (15%). Berdasarkan hasil analisis daya beda, 27 butir soal dinyatakan layak dan 13 soal dinyatakan tidak layak. Efektivitas pengecoh dengan kriteria sangat jelek berjumlah 2 soal (1.67%), kategori jelek berjumlah 30 (25%), kategori kurang baik berjumlah 14 (11.67%), kategori baik berjumlah 14 (11.67%), kategori sangat baik berjumlah 14 (11.67%), kategori tidak berfungsi
berjumlah 46 (38.33%). Berdasarkan analisis diatas menunjukkan bahwa guru agar lebih memperhatikan soal ujian yang dibuat dan mengujicobakannya terlebih
dahulu agar butir soal yang dijadikan bahan ujian memiliki kualitas yang baik serta mampu mengukur kemampuan akademik siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 205 |
Keywords: | ANALISIS BUTIR SOAL, TINGKAT KESUKARAN, DAYA BEDA, EFEKTIVITAS PENGECOH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2366 College examinations L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:15 |
Last Modified: | 17 Dec 2019 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36696 |