MARLINA, LONA (2019) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS X MULTIMEDIA SMK PAB 1 HELVETIA. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 8166122011 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 8166122011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3. NIM. 8166122011 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM. 8166122011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 8166122011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM. 8166122011 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
7. NIM. 8166122011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8166122011 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 8166122011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
13. NIM. 8166122011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
14. NIM. 8166122011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan model pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran bahasa Inggris, dan (2) mengetahui keefektifan model pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran bahasa Inggris di SMK PAB 1 Helvetia. Penelitian ini adalah suatu penelitian pengembangan (R&D) yang mengikuti tahapan-tahapan
penelitian pengembangan, setiap proses tahapan yang ditempuh untuk membangun produk penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) uji ahli
materi pelajaran bahasa Inggris berada pada kategori sangat baik; (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kategori sangat baik; (3) uji ahli media pembelajaran berada pada kategori sangat baik; (4) uji coba perorangan berada pada kategori sangat baik; (5) uji coba kelompok kecil berada pada kategori sangat baik; (6) uji coba lapangan berada pada kategori sangat baik. Hasil uji
hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran bahasa Inggris dengan hasil belajar siswa tanpa model pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran bahasa Inggris. Hal ini disimpulkan dari hasil pengolahan data diperoleh thitung = 1,80 sedangkan ttabel
=1,65. Diperoleh bahwa thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran berbasis e-learning dengan efektifitas 62,73% lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan tanpa model pembelajaran berbasis e-learning dengan efektifitas 50,15%.
Kata Kunci: model pembelajaran, e-learning, bahasa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN, E-LEARNING, BAHASA INGGRIS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2371 Graduate education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:15 |
Last Modified: | 16 Dec 2019 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36690 |