Sirait, Magdalena (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK SUBTEMA KEINDAHAN ALAM NEGERIKU DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 094151 SIPANGANBOLON T.P 2019. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176182028 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM 8176182028 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3. NIM 8176182028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM 8176182028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
5. NIM 8176182028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM 8176182028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 8176182028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8176182028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 8176182028 BAB I.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
13. NIM 8176182028 BAB V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
14. NIM 8176182028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menghasilkan bahan ajar tematik berbasis pendekatan saintifik subtema
keindahan alam negeriku dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research
and Development yang mengacu pada model ADDIE. Proses pengembangan bahan
ajar tematik berbasis pendekatan dilakukan dengan 5 tahapan yaitu Analysis Design,
Development, Implementation, dan Evaluation, Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penilaian kelayakan oleh ahli materi memperoleh rata-rata 91,6 %, Penilaian
kelayakan oleh ahli bahasa memperoleh rata-rata 93,7 %, Penilaian kelayakan oleh
ahli desain memperoleh rata-rata 90,8%. Uji coba individu dengan rata-rata 86,1%
dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 91,2% dengan
kategori sangat baik, dan uji coba lapangan terbatas dengan rata-rata 89% dengan
kategori sangat baik. Hasil obervasi aktivitas siswa mengamati dengan rata-rata
86,2%, Hasil obervasi aktivitas siswa menanya dengan rata-rata 85,3%, Hasil
obervasi aktivitas siswa mencoba dengan rata-rata 85,2%, Hasil obervasi aktivitas
siswa mengasosiasi/menalar dengan rata-rata 87,3%, Hasil obervasi aktivitas siswa
mengkomunikasikan dengan rata-rata 83,5 %. Skor rata-rata pada pretest 72,8 dan
pada posttest 80,6. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar tematik berbasis
pendekatan saintifik pada subtema keindahan alam negeriku layak, mudah, dan
efektif untuk digunakan pada siswa kelas siswa kelas IV. Penelitian ini berimpilkasi
dalam penggunaan bahan ajar tematik berbasis pendekatan saintifik subtema
keindahan alam negeriku dapat meningkatkan aktivitas dan keaktifan siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sir p |
Keywords: | Bahan Ajar, Tematik, Saintifik, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 02:12 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36681 |