Kursititasari (2019) LEKSIKON KEARIFAN LOKAL LABUHANBATU UTARA: KAJIAN EKOLINGUISTIK DAN KEBERMANFAATANNYA SEBAGAI PEMERKAYAAN KOSAKATA DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176191005 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 8176191005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
3. NIM. 8176191005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4. NIM. 8176191005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 8176191005 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 8176191005 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
7. NIM. 8176191005 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 8176191005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 8176191005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
13. NIM. 8176191005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
14. NIM. 8176191005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas leksikon nomina dan verba bahasa daerah dalam
lingkungan daerah aliran sungai (DAS) di Kabupaten Labuhanbatu Utara melalui
perspektif ekolinguistik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan leksikon
nomina dan verba pada kearifan lokal Labuhanbatu Utara dan mengukur tingkat
pemahaman siswa mengenai leksikon nomina dan verba. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif dan didukung oleh data kuantitatif.
penelitian diambil dengan teknik wawancara, observasi dan kuesioner. Dari hasil
analisis, dapat diketahui bahwa, (1) leksikon nomina pada kearifan lokal yang
terkait dengan lingkungan daerah aliran sungai terdapat 32 leksikon, leksikon
nomina umum yang terdapat pada Kearifan Lokal Labuhanbatu Utara terdapat 66
leksikon dan, leksikon verba terdapat 24 leksikon dari seluruh kearifan lokal
Labuhanbatu Utara, jumlah seluruhnya terdapat 122 temuan leksikon kearifan
lokal Labuhanbatu Utara. (2) tes pemahaman kelompok lapangan terbatas pada
leksikon nomina dengan rata-rata 85,38% pada kriteria sangat baik, tes
pemahaman kelompok lapangan terbatas pada leksikon verba dengan rata-rata
79,16% pada kriteria baik. (3) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan
rata-rata 89,84% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata
91,66% pada kriteria sangat baik, dan penilaian bahasa dengan rata-rata 87,5%
pada kriteria sangat baik, kelayakan buku dengan rata-rata 87,5% pada kriteria
sangat baik, validasi ahli desain dengan rata-rata 93,33% pada kriteria sangat baik
dan respon guru dengan rata-rata 97,22% pada kriteria sangat baik dan hasil
respon siswa dengan rata-rata 87,36% kriteria sangat baik, Hal ini membuktikan
bahwa bahan bacaan berupa handout dapat meningkatkan pemahaman siswa
tentang bahasa yang terdapat di daerahnya.
Penelitian ini memiliki implikasi yaitu dapat digunakan oleh guru dan siswa
sebagai buku pendamping proses pembelajaran, meningkatkan minat membaca
siswa dan pemahaman siswa tentang kosakata daerah serta dapat mendorong
keingintahuan siswa tentang kearifan lokal. Guru Bahasa Indonesia memberikan
respon baik terhadap bahan bacaan berupa handout sehingga dapat digunakan
sebagai bahan bacaan tambahan di sekolah, sebagai sumber belajar dan sarana
pengenalan kebudayaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 499 221 Kur l |
Keywords: | leksikon, kearifan lokal, ekolinguistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P326 Lexicology P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P327 Lexicography |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Nov 2019 08:00 |
Last Modified: | 25 Nov 2019 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36671 |