Matanari, tetty (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI RAKYAT DENGAN TEKNIK COPY THE MASTER UNTUK SISWA KELAS VII SMP N 1 RANTAU SELATAN DI KABUPATEN LABUHANBATU. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156192026 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM. 8156192026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (780kB) | Preview
3. NIM. 8156192026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM. 8156192026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM. 8156192026 TABLES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM. 8156192026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. NIM. 8156192026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
9. NIM. 8156192026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (864kB) | Preview
13. NIM. 8156192026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14. NIM. 8156192026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan siswa terhadap materi puisi
rakyat belum terpenuhi sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa dan
implementasi guru belum ada untuk memanfaatkan bahan ajar sebagai media
pembelajaran sehingga pembelajaran tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis kesesuaian kebutuhan dalam menggunakan bahan ajar puisi rakyat
untuk siswa kelas VII SMP N 1 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu;
menganalisis peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan
bahan ajar puisi rakyat dengan teknik copy the master, dan keefektifan. Penelitian ini
merujuk pada model pengembangan ahli Borg and Gall yaitu penelitian dan
pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan
awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji
coba lapangan, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir, dan
diseminasi produk akhir. Kelayakan bahan ajar disimpulkan berdasarkan validasi ahli
materi, ahli desain, repon guru, respon siswa, dan keefektifan bahan ajar disimpulkan
berdasarkan hasil pretes dan postes. Persentase skor penilaian dari ahli materi
mencapai 91,46%, persentase skor penilaian dari ahli desain mencapai 90,44%.
Persentase skor penilaian dari masing-masing ahli berada pada kriteria sangat baik.
Persentase skor penilaian berdasarkan respon siswa dan respon guru disimpulkan
persentase skor penilaian dari uji perorangan mencapai 79,16%, uji kelompok kecil
mencapai 86,25%, uji coba lapangan terbatas mencapai 91,27%, dan persentase skor
penilaian berdasarkan respon guru mencapai 90,63% berada pada kriteria sangat
baik. Keefektifan bahan ajar disimpulkan berdasarkan hasil pretes dan postes.
Persentase skor hasil belajar siswa pada pretes mencapai 60,94% dengan kriteria
tidak baik dan setelah dilakukan postes hasil persentase belajar siswa mencapai
82,50% dengan kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 811 Mat p |
Keywords: | bahan ajar, puisi rakyat, teknik copy the master. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction P Language and Literature > PQ Romance literatures |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Nov 2019 07:41 |
Last Modified: | 25 Nov 2019 07:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36668 |