SURBAKTI, AGITHA REH ULINA (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN APP INVENTOR PADA MATERI POKOK ALAT-ALAT OPTIK. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4151121003 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 4151121003 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM 4151121003 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4. NIM 4151121003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
5. NIM 4151121003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM 4151121003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 4151121003 TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 4151121003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM 4151121003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
13. NIM 4151121003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
14. NIM 4151121003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini telah dilakukan dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Materi Alat-Alat Optik” bertujuan untuk mengetahui validitas oleh ahli media dan materi serta kelayakan media berdasarkan respon guru dan peserta didik terhadap media yang dikembangkan.
Jenis penelitian ini adalah research and development, dengan 4D models, yang dilaksanakan di sekolah SMA Swasta Al Washliyah 1 Medan. Dengan pengujian validitas media dan materi dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi. Kelayakan dan Respon media dilakukan oleh 2 orang guru mata pelajaran fisika, 10 orang peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan 30 orang peserta didik pada uji coba kelompok besar.
Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi oleh ahli media dan ahli materi telah dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika. Berdasarkan uji validasi oleh ahli media sebanyak dua ahli diperoleh persentase sebesar 96,9% dan 93% termasuk dalam kriteria sangat valid. Sedangkan uji validasi oleh ahli materi sebanyak dua ahli diperoleh persentase sebesar 96,3% dan 87,2% termasuk dalam kriteria sangat valid. Kelayakan media pembelajaran berbasis mobile learning menggunakan app inventor pada materi alat-alat optik oleh guru mata pelajaran fisika berdasarkan respon guru dan peserta didik yaitu layak. Respon guru memperoleh skor rata-rata sebesar 3,725 dan respon siswa mendapat skor rata-rata sebesar 3,765.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 248 |
Keywords: | Pengembangan Media; Mobile Learning; App Inventor; Alat-alat optik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 11:28 |
Last Modified: | 13 Dec 2019 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36629 |