RAHMA, SITI (2019) ANALISIS KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN TEKS CERITA SEDERHANA BERDASARKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA TUNAGRAHITA KELAS VIII SLB-E NEGERI PEMBINA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2153111041 COVER.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
2. NIM. 2153111041 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
3. NIM. 2153111041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4. NIM. 2153111041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM. 2153111041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
6. NIM. 2153111041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 2153111041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 2153111041 BAB I.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
12. NIM. 2153111041 BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
13. NIM. 2153111041 DAFTAR PUSAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan memahami isi bacaan teks cerita sederhana berdasarkan penguasaan kosakata siswa tunagrahita kelas VIII SLB-E Negeri Pembina Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII-C SLB-E Negeri Pembina Medan yang berjumlah 15 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-1.C dan VIII-2.C sebanyak 15 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal atau latihan tentang teks narasi sederhana dengan penguasaan kosakata. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan memahami isi bacaan teks narasi sederhana dengan penguasaan kosakata siswa tunagrahita kelas VIII SLB-E Negeri Pembina Medan memiliki rata-rata 73,66. Apabila nilai rata-rata ini dimasukkan ke dalam klasifikasi nilai penguasaan kosakata, nilai rata-rata tersebut termasuk kategori cukup. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan memahami isi bacaan teks cerita sederhana berdasarkan penguasaan kosakata pada siswa kelas VIII SLB-E Negeri Pembina Medan dengan skor rata-rata 73,66 dikategorikan cukup. 73 % diantaranya sudah dan cukup mampu dalam memahami isi bacaan teks cerita sederhana yang dibagikan melalui tes penguasaan kosakata, sedangkan 26 % siswa masih belum bisa memahami isi bacaan teks cerita sederhana dengan penguasaan kosakata yang dibagikan secara baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 173 |
Keywords: | tunagrahita, isi bacaan, kosakata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 16:27 |
Last Modified: | 13 Dec 2019 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36625 |