MAWADDAH, FARRAH (2019) EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCYLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS ISI TEKS DEBAT OLEH SISWA KELAS X SMK SWASTA MANDIRI PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01 NIM 2153111012 COVER.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
02 NIM 2153111012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
03 NIM 2153111012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
04 NIM 2153111012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
05 NIM 2153111012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
06 NIM 2153111012 TABLES.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
07 NIM 2153111012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
08 NIM 2153111012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
09 NIM 2153111012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (700kB) | Preview
13 NIM 2153111012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
14 NIM 2153111012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2018/2019 menganalisis isi teks debat sebelum menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E, (2) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2018/2019 menganalisis isi teks debat sesudah menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E, dan (3) mendeskripsikan efektivitas penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan kelas X SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2018/2019 dalam menganalisis isi teks debat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan sebanyak 454 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak, sehingga diperoleh sampel penelitian adalah kelas X TKJ 1 sebanyak 26 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes Esai. Adapun hasil penelitiannya, yaitu (1) nilai rata-rata sebelum menggunakan model pembelajaran learning cycle 5e adalah 53,73, (2) nilai rata-rata sesudah menggunakan model pembelajaran learning cycle 5e adalah 75,15, dan (3) model pembelajaran learning cycle 5e efektif digunakan dalam menganalisis isi teks debat. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan maka diketahui t0 = 6,14. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t taraf signifikan 5% dengan df = N-1, yakni 26-1 = 25 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,05. Karena t0 diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 6,14 > 2,05, maka hipotesisi nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Hα) diterima. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa model Learning Cycle 5E efektif terhadap Kemampuan Menganalisis Isi Teks Debat oleh Siswa Kelas X SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 174 |
Keywords: | Efektivitas, Teks Debat, Model Learning Cycle 5E |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4177 Debating |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 16:27 |
Last Modified: | 13 Dec 2019 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36623 |