SINAMBELA, SARI PAGANDA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 14 MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4153321033 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. NIM 4153321033 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
3. NIM 4153321033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
4. NIM 4153321033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM 4153321033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
6. NIM 4153321033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 4153321033 TABLES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
8. NIM 4153321033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
9. NIM 4153321033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
13. NIM 4153321033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
14. NIM 4153321033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction (ARIAS) berbantuan simulasi PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok elastisitas dan hukum hooke di kelas XI SMAN 14 Medan T.P 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian control group pretest post-test design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 14 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas yaitu XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing siswa berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 soal yang terlebih dahulu divalidasi. Berdasarkan hasil pengolahan data pretest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 36,00 dan nilai rata-rata kelas kontrol 35,78. Melalui hasil uji hipotesis data pretest menggunakan uji t pada taraf signifikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 244 |
Keywords: | Aktivitas Belajar Siswa; Hasil Belajar Siswa; Model Pembelajaran ARIAS; Simulasi PhET |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM695 Physical medicine. Physical therapy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 16:26 |
Last Modified: | 13 Dec 2019 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36614 |