Larasati, Indi (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI 1 DI SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAM TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7131142017 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 7131142017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
3. NIM 7131142017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
4. NIM 7131142017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM 7131142017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
6. NIM 7131142017 TABLES.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
7. NIM 7131142017 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM 7131142017 APPENDIXES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM 7131142017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
13. NIM 7131142017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM 7131142017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kekampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Swasta Prayatna1 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Probelem Based Learning.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi1 yang berjumlah 33 siswa. Objek penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes dan Lembar Observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantatif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I yaitu 2 siswa masuk kedalam kategori kriteria sangat kritis dengan persentasi 6,06%, 20 siswa masuk dalam kategori kritis dengan persentase 60,6%, 10 siswa masuk dalam kategori cukup kritis dengan persentase 30,3%, dan 1 siswa masuk dalam kategori kurang kritis dengan persentase 3,03%. Terjadi peningkatan pada siklus II sebanyak 8 siswa dengan persentase 24,24% memiliki criteria sangat kritis, 21 siswa masuk dalam kategori kritis dengan persentase 63,64%, 4 siswa masuk dalam kategori cukup kritis dengan persentase 12,12%, dan tidak ada siswa masuk dalam criteria kurang kritis. Sedangkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 24 siswa (72,73%) yang tuntas menjadi 30 siswa (90,91%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 80% siswa memperoleh nilai ≥75. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa pada Materi Konsep Dan Pengertian Akuntansi Pemerintah di Kelas XI Akuntansi SMK Swasta Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 204 |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 16:26 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36608 |