MONALISA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 7 MEDAN T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4151111055 COVER.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
2. NIM. 4151111055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3. NIM. 4151111055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4. NIM. 4151111055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
5. NIM. 4151111055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
6. NIM 4151111055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 4151111055 TABLES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. NIM. 4151111055 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. NIM. 4151111055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (601kB) | Preview
13. NIM. 4151111055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
14. NIM. 4151111055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan Geogebra di kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 7 Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (clasroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA-1 berjumlah 36 siswa. Dan objek penelitian adalah penerapan model pembelajarn Discovery Learning berbantuan Geogebra untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Program Linear. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan diberikan lembar observasi kegiatan guru dan di akhir siklus diberikan tes hasil belajar. Dari tes hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 60,18. Terdapat 19 siswa atau sekitar 52,78 % dari jumlah siswa sudah tuntas belajar. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru sudah tergolong baik dengan nilai rata-rata observasi guru yaitu 89,7. Sedangkan pada tes hasil belajar siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 78,6 dengan 31 siswa atau 86,11 % ( peningkatan belajar klasikal) dari jumlah siswa sudah tuntas belajar dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru tergolong sangat baik dengan nilai rata-rata observasi guru yaitu 91,91.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajarn Discovery Learning berbantuan Geogebra dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Program Linear di kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 7 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 176 |
Keywords: | discovery learnig;hasil belajar;geogebra;program linear |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 10:56 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36593 |