NASUTION, ARIF ABDILLAH (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WINDOWS MOVIE MAKER PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4153131005 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 4153131005 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
4. NIM 4153131005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
5. NIM 4153131005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
6. NIM 4153131005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
7. NIM 4153131005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM 4153131005 TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM 4153131005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
10. NIM 4153131005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
14. NIM 4153131005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
15. NIM 4153131005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL menggunakan media Windows Movie Maker pada materi hidrokarbon. Sampel penelitian adalah dua kelas XI MIPA SMA Istiqlal Deli Tua yang dipilih dengan teknik random sampling yaitu kelas eksperimen I menggunakan model PBL menggunakan media Windows Movie Maker, sedangkan kelas Kontrol menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan PPT. Instrumen penelitian yang digunakan adalah non tes berupa lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa dan instrumen tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I sebesar 86% dan pada kelas Kontrol sebesar 80%. Hasil uji normalitas terhadap peningkatan hasil belajar siswa di kelas eksperimen yaitu 10,7 sedangkan data peningkatan hasil belajar di kelas kontrol yaitu 10,8 maka χ2 hitung < χ2 tabel (11,07) yang berarti kedua kelas terdistribusi normal. Untuk hasil uji homogenitas terhadap data peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 1,7 sedangkan data peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen yaitu 1,3 maka Fhit < Ftabel (1,82) yang berarti kedua kelas adalah homogen. Hasil uji hipotesis I menunjukkan thitung > ttabel (3,2 > 1,82 ), berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran PBL dengan Windows Movie Maker lebih tinggi dibanding menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan PPT pada pokok materi hidrokarbon. Hasil uji hipotesis II menunjukkan rhitung > rtabel (0,7 > 0,339), berarti Ho ditolak yang artinya Ha diterima, berarti ada korelasi yang positif dan signifikan antara aktivitas siswa terhadap hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Hidrokarbon. Berdasarkan koefisien, rhitung yang diperoleh sebesar 0,7, jadi makna korelasi tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 153 |
Keywords: | problem based learning ; konvensional ; windows movie maker ; hasil belajar ; hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 10:56 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36584 |