Ritonga, Rizki P. (2019) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7153343023 COVER.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
2. NIM. 7153343023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
3. NIM. 7153343023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
4. NIM. 7153343023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
5. NIM. 7153343023 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
6. NIM. 7153343023 TABLES.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. NIM. 7153343023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8.NIM. 7153343023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
12.NIM. 7153343023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
13. NIM. 7153343023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Kewirausahaan SMK Swasta Jambi Medan T.A 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Swasta Jambi Medan dengan jumlah siswa 152 siswa dan sampel sebayak 76 siswa. Instrumen pengumpulan data ialah angket/ kuesioner dengan skala likert yang masing- masing telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengujian hipotesis secara parsial dilakukan dengan uji t sedangkan untuk pengujian secara bersama- sama dilakukan uji f.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) hasil dari regresi linier berganda maka diperoleh persamaan yaitu Y = 39,831 + 0,301 X1 + 0,166X2 maksudnya adalah apabila variabel Fasilitas Belajar (X1) dan Lingkungan Belajar (X2) dianggap tidak ada atau sama dengan 0 (nol) maka variabel Prestasi Belajar (Y) memiliki nilai sebesar 39,831. (2) Fasilitas Belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel Prestasi Belajar pada siswa kelas XI SMK Swasta Jambi Medan T.A 2018/2019 dengan hasil uji t nilai thitung > ttabel (4,518 > 1,669) dengan nilai signifikansi α (0,00 < 0,05). Artinya semakin tinggi Fasilitas Belajar makan akan semakin tinggi pula Prestasi Belajar, begitu juga sebaliknya jika semakin rendah Fasilitas Belajar maka akan semakin rendah pula Prestasi Belajar.
(Y). (3) Lingkungan Belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel Prestasi Belajar pada siswa kelas XI SMK Swasta Jambi Medan T.A 2018/2019 dengan hasil uji t nilai nilai thitung > ttabel (2,112 >1,677) dengan nilai signifikansi α lebih kecil dari α (0,038 > 0,05). Artinya semakin tinggi Lingkungan Belajar maka akan semakin tinggi pula Prestasi Belajar, begitu juga sebaliknya jika semakin rendah Lingkungan Belajar maka akan semakin rendah pula Prestasi Belajar. (4) Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa sebesar 68,150 dan signifikannya α sebesar 0,000. Ini berarti menunjukkan data signifikan dikarenakan nilai sig α < α (0,000 < 0,05) dengan derajat kepercayaan 95%. Nilai Fhitung > Ftabel (68,150 > 3,15) maka Hipotesis ketiga diterima yang menyatakan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar dengan sumbangan atau kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 65,1% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel yang tidak menjadi fokus penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 EKO 126 |
Keywords: | fasilitas belajar, lingkungan belajar, prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 10:55 |
Last Modified: | 11 Dec 2019 07:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36568 |