Manurung, Hadi L. (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI SMA NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4153321014 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2. NIM 4153321014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
3. NIM 4153321014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM 4153321014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM 4153321014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
6. NIM 4153321014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 4153321014 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM 4153321014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM 4153321014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
13. NIM 4131121051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
14. NIM 4153321014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok elastisitas dan hukum hooke di kelas XI SMA Negeri 2 Medan T.P 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian control group pretest post-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Medan yang terdiri dari 12 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 12 kelas yaitu XI IPA 10 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing siswa berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu divalidasi. Berdasarkan hasil pengolahan data pretest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 47,42 dan kontrol 47,71. Hasil uji hipotesis data pretest menggunakan uji t pada taraf signfikan diperoleh bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas sampel adalah sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan post-test. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 80,71 dan kontrol 73,28. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh adanya perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET dan pembelajaran konvensional sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET terhadap hasil belajar siswa yang disertai penilaian aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 242 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING; SIMULASI PHET; ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE; HASIL BELAJAR |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV435 Physical measurements. Physical tests, etc. L Education > LA History of education > LA173 Higher education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 10:55 |
Last Modified: | 11 Dec 2019 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36565 |