PERBANDINGAN HASIL PEMBELAJARAN REAKSI REDOKS DAN ELEKTROKIMIA ANTARA YANG DI AJAR DENGAN POLA INDIVIDUAL MENGGUNAKAN HIPERMEDIA DENGAN POLA KOOPERATIF MENGGUNAKAN GROUP INVESTIGATION

Perangin-angin, Niar Rehulina (2012) PERBANDINGAN HASIL PEMBELAJARAN REAKSI REDOKS DAN ELEKTROKIMIA ANTARA YANG DI AJAR DENGAN POLA INDIVIDUAL MENGGUNAKAN HIPERMEDIA DENGAN POLA KOOPERATIF MENGGUNAKAN GROUP INVESTIGATION. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 071188410012 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
071188410012 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 071188410012 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
071188410012 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (781kB) | Preview
[thumbnail of 071188410012 Abstrak.pdf]
Preview
Text
071188410012 Abstrak.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 071188410012 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
071188410012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 071188410012 Bab V.pdf]
Preview
Text
071188410012 Bab V.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 071188410012 Bab I.pdf]
Preview
Text
071188410012 Bab I.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menunjukkan kelayakan hipermedia interaktif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran pola individual kimia di SMA, (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan pola individual dengan pola kooperatif di SMAN 1 Binjai, (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang memiliki kemampuan belajar tinggi dan kemampuan belajar rendah di SMAN 1 Binjai. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrument penelitian telah diuji validitas, daya beda, tingkat kesukaran dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan teknik analisis varians 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan : (1) hipermedia menjadi media yang layak untuk digunakan sebagai media di dalam kegiatan belajar mengajar kimia, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar kimia secara signifikan antara peserta didik yang dibelajarkan dengan menerapkan pola individual dan pola kooperatif hal ini ditunjukkan oleh harga sinifikansi sebesar 0,033 yaitu lebih kecil dari taraf signifikansi data 0,05. Menurut Uji Tukey pola kooperatif lebih baik daripada pola individual, (3) Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar kimia peserta didik kemampuan belajar tinggi dan kemampuan belajar rendah yang ditunjukkan dengan harga signifikansi sebesar 0,000 yaitu lebih kecil dari taraf signifikansi data 0,05. Peserta didik yang memiliki kemampuan belajar tinggi lebih baik daripada peserta didik kemampuan belajar rendah. Dari penelitian ini dapat memberikan implikasi agar para guru dapat memberikan variasi dalam metode mengajar yang disesuaikan dengan kemampuan belajar siswa karena dari penelitian menunjukkan ternyata metode dan kemampuan belajar siswa memiliki pengaruh pada hasil belajar materi redoks dan elektrokimia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 541.37 Per p
Keywords: Belajar mengajar; Media pendidikan; Hipermedia; Media pembelajaran; Cooperative learning; Software
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 06 Mar 2017 05:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3656

Actions (login required)

View Item
View Item