PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MEDAN

Sinambela, Indah Astri Natalia (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4153111030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4153111030 COVER.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4153111030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4153111030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4153111030 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4153111030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4153111030 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4153111030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4153111030 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4153111030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4153111030 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4153111030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4153111030 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4153111030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4153111030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4153111030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4153111030 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4153111030 BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4153111030 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4153111030 BAB V.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4153111030 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4153111030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang efektif dengan model penemuan terbimbing (guided discovery) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN 4 Medan, (2) mendeskripsikan kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan model penemuan terbimbing menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.
Subjek dalam penelitan ini adalah siswa kelas VII-2 dan VII-3 SMPN 4 Medan. Objek penelitian ini adalah pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Pemahaman Konsep Matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development/ R & D) dengan menggunakan pengembangan model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang telah dimodifikasi menjadi 3-D dengan tiga tahap pengembangan yaitu tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, tes pemahaman konsep, angket respon siswa, lembar observasi keterlaksaan guru mengelola pembelajaran, dan lembar aktivitas siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis model penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dapat disimpulkan pada: (i) validitas RPP sebesar 4,25 dengan kategori baik, validitas LKS sebesar 4,18 dengan kategori baik, dan validitas tes dinyatakan valid setelah dilakukan revisi kecil. (ii) keefektifan perangkat pembelajaran dikatakan efektif dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 75,19 pada uji coba I dan 85,34 pada uji coba II, ketercapaian indikator pada uji coba I tidak tercapai dan tercapai pada uji coba II, angket respon siswa ada dalam kategori baik pada uji coba I dan II, (iii) kepraktisan perangkat pembelajaran adalah praktis dapat dilihat dari keterlaksanaan guru mengelola pembelajaran senilai 84,7 pada uji coba I dan senilai 88,9, dan data aktivitas siswa pada uji coba I tidak memenuhi akan tetapi pada uji coba II ada dalam memenuhi, (2) Terdapat adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dari uji coba I ke uji coba II yang dinilai dari pre-test dan post-test.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 MAT 162
Keywords: Perangkat pembelajaran; Model penemuan terbimbing; Pemahaman konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:32
Last Modified: 30 Jan 2020 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36553

Actions (login required)

View Item
View Item