MANIK, IMAM CHOJALI (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN DALAM MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK SWASTA AL-WASHLIYAH PASAR SENEN 1 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141142011 COVER.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
2. NIM. 7141142011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 7141142011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
4. NIM. 7141142011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (748kB) | Preview
5. NIM. 7141142011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
6. NIM. 7141142011 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
7. NIM. 7141142011 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
8. NIM. 7141142011 LIST OF GLOSARIUM.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
9. NIM. 7141142011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 7141142011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
14. NIM. 7141142011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa Kelas XII SMK Swasta Al-Washliyah Pasar Senen 1 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa Kelas XII di SMK Swasta Al-Washliyah Pasar Senen 1 Medan T.P 2018/2019 melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Time Token dalam Model Pembelajaran Think Pair Share.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Al-Wasliyah Pasar Senen 1 Medan T.P 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XII yang berjumlah 19 orang. Objek penelitian ini adalah Penerapan Strategi Pembelajaran Time Token dalam Model Pembelajaran Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, dari lembar observasi aktivitas siswa diperoleh hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 11 orang siswa (57,94%) yang termasuk dalam kriteria aktif . Pada siklus II siswa yang termasuk dalam kriteria aktif meningkat menjadi 18 orang (94,74%). Dari hasil analisis data diperoleh data pre-test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 31,84 dengan tidak ada satupun siswa yang tuntas (0%), sedangkan padapsot-test siklus I dengan nilai rata-rata 70,26 dengan siswa yang tuntas 11 orang (57,94%) dan meningkat di hasil post-test siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 81,94 dengan siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (94,74%).Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Time Token dalam model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada materi Akuntansi Konsinyasi di Kelas XII SMK Swasta Al-Washliyah Pasar Senen 1 Medan T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 157 |
Keywords: | Penerapan Strategi PembelajaranTime Token dalam Model Pembelajaran Think Pair Share; aktivitas; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:24 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36548 |