SIMARMATA, TOMAS (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP SELF-ESTEEM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 BINJAI T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143151043_COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 1143151043_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
3. NIM. 1143151043_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. NIM. 1143151043_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 1143151043_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1143151043_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1143151043_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1143151043_BAB I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
12. NIM. 1143151043_BAB V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
13. NIM. 1143151043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap Self-Esteem siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Binjai Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari s/d Maret 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 yang terdiri dari 10 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui self-esteem siswa. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok teknik diskusi. Teknik analisis data yang diperoleh menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung= 24 dengan a = 0,05 dan n = 10, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 8. Dengan demikian Jhitung > Jtabel (24> 8). Data Pre-test diperoleh rata – rata 62,9 termasuk kategori rendah sedangkan data post-test atau setelah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi diperoleh skor rata-rata 85,2 termasuk kategori sedang. Artinya rata – rata siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok teknik diskusi lebih tinggi daripada sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Perubahan peningkatan interval self-esteem siswa setelah diberi layanan bimbingan kelompok teknik diskusi sebesar 22,3 atau 35%. Hal ini menunjukan ada pengaruh pemberian Bimbingan Kelompok Teknik diskusi Terhadap Self-Esteem Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Binjai T.A 2018/2019 atau hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 058 |
Keywords: | BIMBINGAN KELOMPOK, TEKNIK DISKUSI, SELF-ESTEEM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:24 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36544 |