SIRINGORINGO, KRISTOPEL (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101800 DELI TUA T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 1133311111 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
02. NIM 1133311111 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
03. NIM 1133311111 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
05. NIM 1133311111 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
06. NIM 1133311111 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
07. NIM 1133311111 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
08. NIM 1133311111 DAFTAR GRAFIK_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
09. NIM 1133311111 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
10. NIM 1133311111 BAB I_doc.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
14. NIM 1133311111 BAB V_docx.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
15. NIM 1133311111 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 101800 Delitua T.A 2018/2019. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 101800 Delitua. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti member pretes untuk mengetahui letak kesulitan pada mata pelajaran IPA dalam materi sifat-sifat cahaya dilanjutkan dengan siklus I dan postes siklus I, siklus II dan di akhiri dengan pemberian postes siklus II dengan tes hasil belajar IPA dengan menggunakan bentuk tes pilihan berganda dengan jumlah sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101800 Delitua sebanyak 31 orang siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh data tes awal hasil belajar siswa di peroleh nilai rata-rata 50,48 dimana terdapat 6 orang yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan persentase hasil belajar klasikal hanya 19,36% atau <80%. Secara klasikal dan hal ini masih tergolong rendah dan belum berhasil bagi proses pembelajaran peserta didik. Oleh karena itu, di lakukan perbaikan dan penerapan tindakan kelas siklus I menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing maka di peroleh nilai rata-rata mengalami kenaikan menjadi 67,50, siswa yang tuntas belajar terdapat 14 orang siswa dan persentase hasil belajar siswa secara klasikal 45,16% < 80% dan ini juga tergolong cukup tetapi belum berhasil dalam tindakan kelas yang dilakukan. Kemudian peneliti melanjutkan dan melakukan perbaikan dan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada siklus II maka di peroleh nilai rata-rata menjadi 79,83, siswa yang sudah tuntas sebanyak 29 orang siswa dengan presentase ketuntasan belajar siswa 93,55% <80%, jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dalam materi sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 101800 Delitua T.A 2018/2019. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dalam materi sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 101800 Delitua T.A 2018/2019. Disarankan agar guru dan peneliti lainnya untuk menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 235 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:24 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36539 |