PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN DISCOVERY

Pohan, Esmi (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN DISCOVERY. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 0711888030011 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
0711888030011 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[thumbnail of 0711888030011 Abstrak.pdf]
Preview
Text
0711888030011 Abstrak.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 0711888030011 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
0711888030011 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 0711888030011 Bab I.pdf]
Preview
Text
0711888030011 Bab I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 0711888030011 Bab V.pdf]
Preview
Text
0711888030011 Bab V.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 0711888030011 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
0711888030011 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh bukti empirik tentang peningkatan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran discovery untuk siswa SMA. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA kelas X di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan dengan sampel siswa SMA kelas X berdasarkan jenjang akreditasi sekolah (amat baik, baik dan cukup). Jenis Penelitian ini adalah eksperimen. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa digunakan tes instrument. Analisis data penelitian ini menggunakan Anava dua jalur (ANOVA). Hasil penelitian diperoleh: (1) Peningkatan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran discovery lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. (2) Peningkatan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran discovery lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa ditinjau dari jenjang akreditasi sekolah (amat baik, baik dan cukup). (3) Tidak ada interaksi antara faktor pembelajaran dan faktor akreditasi sekolah terhadap peningkatan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Poh p
Keywords: Matematika; Pembelajaran discovery; Pembelajaran biasa; Penalaran; Disposisi matematis
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 06 Mar 2017 03:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3651

Actions (login required)

View Item
View Item