SIMANJUNTAK, SISKA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMAN 13 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7152141017 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 7152141017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
3. NIM 7152141017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM 7152141017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
5. NIM 7152141017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM 7152141017 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 7152141017 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 7152141017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. NIM 7152141017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (611kB) | Preview
13. NIM 7152141017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
14. NIM 7152141017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 13 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Solving lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan metode konvensional pada siswa kelas XI IPS SMAN 13 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 13 Medan yang beralamat di Jalan Karya Bersama, Titi Kuning, Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 13 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 136 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan 5 (lima) option. Sebelum tes ini diberikan kepada sampel, tes ini terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas, realibilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan nilai rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf α = 0,05.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test dan post test dengan model pembelajaran Problem Solving = 48,97 dan 83,23 dan hasil rata-rata pre test dan post test motode konvensional = 47,64 dan 77,5. Dari pengujian hipotesis dilakukan uji t pada tingkat kepercayaan 95% pada taraf nyata α = 0,05 (n1 + n2) – 2 diperoleh thitung > ttabel (2,96 > 1.668) maka hipotesis penelitian ini diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Solving lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas XI IPS SMAN 13 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 EKO 098 |
Keywords: | model pembelajaran problem solving, hasil belajar ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:21 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36465 |