Susanna, Fitria Angra (2012) ANALISIS DAN STANDARISASI BUKU KIMIA SMK KELAS XII BERDASARKAN STANDAR ISI KTSP. Masters thesis, UNIMED.
8106142008 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
8106142008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
8106142008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
8106142008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
8106142008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
8106142008 BAB I.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
8106142008 BAB V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8106142008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Analisis dan standarisasi buku kimia Sekolah Menengah Kejuruan untuk Kelas XII berdasarkan standar isi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dijelaskan dalam tesis ini. Penelitian dilakukan di Sumatera Utara, Indonesia tahun 2012. Tujuan penelitian adalah: (1) untuk menganalisis kelayakan buku kimia yang umum digunakan di Sumatera Utara, (2) untuk menentukan materi yang cocok dan tepat untuk dimasukkan dalam kurikulum SMK untuk mengajar siswa kelas XII, (3) untuk mengembangkan buku teks kimia standar dalam proses belajar mengajar yang cocok untuk siswa SMK kelas XII, (4) untuk mengetahui pendapat guru kimia tentang buku ajar kimia standar SMK (5) untuk menentukan efektifitas buku ajar kimia standar dalam proses belajar mengajar. Populasi penelitian adalah seluruh buku kimia yang digunakan dalam proses belajar mengajar SMK, dosen kimia, guru yang mengajarkan kimia SMK, dan siswa SMK kelas XII. Pengambilan Sampel secara acak, yaitu: dua buku teks kimia SMK yang sebagian besar digunakan dalam proses belajar mengajar di SMK, dua orang dosen sebagai ahli penilaian, enam guru kimia SMK, dan 90 siswa SMK untuk uji coba dari buku ajar kimia standar. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan uji evaluasi. Data hasil yang diperoleh ditabulasi dan dianalisis secara statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang telah tercantum dalam buku teks kimia SMK tidak sesuai dengan urutan SK dan KD yan ada dalam Kurikulum KTSP. Hasil analisis uji kelayakan isi terhadap 2 buku kimia SMK berturut-turut di peroleh 57,3 % dan 50,01 %, (2) Urutan usulan materi kimia di buku teks kimia SMK telah memenuhi Kurikulum KTSP (rata-rata 3,4), (3) Materi kimia yang cocok untuk buku teks SMK kelas XII yang telah dikembangkan terdiri dari lima bab: Bab 1 Hidrokarbon, Bab 2 Laju reaksi, Bab 3 Polimer, Bab 4 koloid dan Bab 5 Pemisahan dan Analisis, (4) buku ajar kimia standar telah dinilai oleh responden ahli (dosen) rata-rata 4,8 dan hasilnya menunjukkan bahwa buku teks kimia yang di kembangkan untuk SMK kelas XII adalah standar. Semua responden cenderung setuju dengan buku ajar kimia standar kelas XII berdasarkan standar kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan. kinerja dari buku yang memenuhi kriteria BNSP berturut-turut 3,59; 3,78; 3,48, dan 3,55 (5) Buku ajar kimia SMK standar ditemukan efektif untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran kimia. Hasilnya mengindikasikan bahwa buku kimia SMK kelas XII standar dan tepat di gunakan untuk pembelajaran kimia di SMK teknologi. Persentase efektifitasnya 52,27% pada eksperimen dan 49,19 % pada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Sus a |
Keywords: | Belajar mengajar; Media pembelajaran; Silabus; Bahan ajar; Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; Standar nasional pendidikan; Kimia |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Feb 2017 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3646 |