Sinaga, Sesdian Dewi (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK GKPS 3 PEMATANG SIANTAR T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7151142035 COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2. NIM 7151142035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
3. NIM 7151142035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
4. NIM 7151142035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
5. NIM 7151142035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 7151142035 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 7151142035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 7151142035 APPENDIXES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 7151142035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
13. NIM 7151142035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM 7151142035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam Penelitian ini adalah "Rendahnya Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Aktivitas dan Hasil belajar Akuntansi setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas XII AK SMK GKPS 3 Pematang Siantar Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilakukan di SMK GKPS 3 Pematang Siantar. Subjek penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XII AK SMK GKPS 3 Pematang Siantar Tahun Pembelajaran 2019/2020. Yang berjumlah 27 orang siswa. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus 1 yaitu 3 orang siswa (11,11%) untuk kriteria sangat aktif, l1 siswa (40,74%) kriteria aktif, 10 siswa (37,04%) kriteria cukup aktif, 2 siswa (7,40) kriteria kurang aktif, l siswa (3,70%) untuk kriteria tidak aktif. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa jumlah siswa yang dapat dikatakan aktif sebanyak 14 siswa (51,85%) dari jumlah siswa, Sedangkan pada siklus II yaitu 6 orang siswa (22,22%) untuk kriteria sangat aktif, l6 siswa (59,26%) kriteria aktif, 4 siswa (14,81°/o) kriteria cukup aktif, 1 siswa (3,70%) kriteria kurang aktif, dan 0 untuk kritaria tidak aktif. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa jumlah siswa yang dapat dikatakan aktif sebanyak 22 siswa (81,48%) dari jumlah siswa ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Dimana pada Siklus I jumlah Siswa yang tuntas adalah 55,56% (15 siswa) dengan nilai rata-rata 64,44 menjadi 85.19%. Siswa yang tuntas belajar (23 siswa) dengan nilai rata-rata 90,37 di Siklus II dan telah memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal 85%.
Dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar Akuntansi mengalami Peningatan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis pada siswa kelas XII AK SMK GKPS 3 Pematang Siantar Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 170 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning ; Aktivitas Belajar ; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:20 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36433 |