HAKIM, ABDUL (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 156313 PEARAJA 1 SORKAM T.A 2018-2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1152111001_COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 1152111001_LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
3. NIM. 1152111001_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM. 1152111001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
5. NIM. 1152111001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM. 1152111001_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1152111001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1152111001_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1152111001_BAB I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
13. NIM. 1152111001_BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 1152111001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPA yang selama ini masih terlihat membosankan, khususnya pada materi yang lebih banyak teori dibandingkan dengan praktik. Pembelajaran IPA selama ini hanya disampaikan dengan membahas materi dengan metode ceramah. Masih jarang ditemukan pembelajaran IPA (yang lebih banyak teori) menggunakan media sesuai dengan materi yang diajarkan. Sehingga tak jarang ditemukan siswa yang kurang termotivasi untuk belajar sekaligus sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran visual terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 156313 Pearaja 1 Sorkam T.A 2018-2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Semu dengan bentuk Control Group Pretest-Postest design. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA dan kelas VB yang masing-masing siswanya berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket yang berisikan pernyataan-pernyataan mengenai motivasi belajar.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata motivasi siswa pada kelas kontrol yaitu (65) dengan nilai tertinggi 74 dan nilai terendah 39 dengan persentase (32%) siswa kategori tinggi, (52) siswa ketegori cukup, (12%) siswa kategori kurang dan (4%) siswa kategori rendah. Sedangkan nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 70 dengan nilai tertinggi 82 dan nilai terendah 61 dengan persentase (48%) siswa kategori tinggi, (48) siswa ketegori cukup, (4%) siswa kategori kurang dan (0%) siswa kategori rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pada kelas yang menggunakan media pembelajaran visual lebih baik dari pada kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran visual. Dari hasil uji hipotesis diperoleh bahwa t hitung > t tabel, yaitu yaitu (2,78 > 1,67) dengan taraf signifikan 0,05.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 156313 Pearaja 1 Sorkam T.A 2018-2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 239 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:20 |
Last Modified: | 06 May 2020 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36425 |