SINAGA, ERIKBENE (2019) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 6 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7153343005 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 7153343005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (663kB) | Preview
3. NIM. 7153343005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
4. NIM. 7153343005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM. 7153343005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
6. NIM. 7153343005 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 7153343005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7153343005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
12. NIM. 7153343005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM. 7153343005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi pada siswa kelas XI SMK Negeri 6 Medan T.A 2018/2019 .Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 6 Medan dengan jumlah siswa 208 siswa dan sampel sebayak 52 siswa. Instrumen pengumpulan data ialah angket/ kuesioner dengan skala likert yang masing- masing telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengujian hipotesis secara parsial dilakukan dengan uji t sedangkan untuk pengujian secara bersama- sama dilakukan uji f.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) hasil dari regresi linier berganda maka diperoleh persamaan yaitu, Y = 9,171 + 0,234 X1 + 0,607X2, terdapat nilai konstan (a) sebesar 9,171, artinya jika variabel X1 dan X2 sebesar nol, maka variabel Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi (Y) memiliki nilai 9,171, selanjutnya untuk nilai koefisien regresi variabel X1 (b1) sebesar 0,234, artinya jika variabel X1 mengalami peningkatan satu satuan, sementara variabel Lingkungan Teman Sebaya dianggap konstan , maka akan menyebabkan kenaikan pada variabel Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tingii sebesar 0,607. Sementara itu, nilai koefisien variabel X2 mengalamai peningkatan satu- satuan dan variabel bebas lainnya bernilai tetap , maka variabel Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi (Y) mengalami kenaikan sebesar 0,607. (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi dengan nilai thitung (3,31) > ttabel (1,677). (3) terdapat pengaruh yang positif tetapi dan signifikan antara lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi dengan nilai thitung (5,619) < ttabel (1,677). (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dibuktikan melalui uji hipotesis secara simultan dengan thitung > ttabel yaitu, ( 18,714 > 3,18 ) dengan sumbangan atau kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 43,3% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel yang tidak menjadi fokus penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 NIAGA 052 |
Keywords: | Status Sosial Ekonomi Orang Tua; Lingkungan Teman Sebaya; Miant Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:19 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36396 |