PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI SE KECAMATAN MEDAN LABUHAN

RANTI, CHAIRANI ARIFAH (2019) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI SE KECAMATAN MEDAN LABUHAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 3132131005 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 3132131005 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 02.NIM 3132131005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02.NIM 3132131005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 3132131005 KPREFACE.pdf]
Preview
Text
03. NIM 3132131005 KPREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 3132131005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
04. NIM 3132131005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 3132131005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM 3132131005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 3132131005 TABLES.pdf]
Preview
Text
06. NIM 3132131005 TABLES.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 3132131005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07. NIM 3132131005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 3132131005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08. NIM 3132131005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 3132131005 CHAPTER  I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 3132131005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 3132131005 CHAPTER  VI.pdf]
Preview
Text
14. NIM 3132131005 CHAPTER VI.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 3132131005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM 3132131005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keadaan kompetensi profesional guru geografi kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri Se Kecamatan Medan Labuhan. (2) keadaan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri Se Kecamatan Medan Labuhan. (3) pengaruh antara kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri Se Kecamatan Medan Labuhan pada semester ganjil T.P. 2018/2019.

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Se Kecamatan Medan Labuhan. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru yang profesional di dua SMA yakni SMA Negeri 9 Medan Labuhan satu orang guru dan SMA Negeri 20 Medan Labuhan satu orang guru, sehingga populasi berjumlah 2 orang guru. Sumber data ditentukan 30% dari jumlah siswa kelas XI IPS (296 orang) sehingga berjumlah 80 orang. Terkait pengumpulan data yang digunakan yakni teknik komunikasi langsung dan teknik analisis data yang dipakai adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis inferensial.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) keadaan kompetensi profesional guru geografi kelas XI IPS di SMA Negeri Se Kecamatan Medan Labuhan pada semester ganjil T.P. 2018/2019 tergolong dalam kategori sangat baik. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata sebesar 3,38. (2) hasil belajar siswa kelas XI IPS semester ganjil T.P. 2018/2019 pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri Se Kecamatan Medan Labuhan tergolong sangat baik. Hal ini diperlihatkan dari 60% siswa dala kategori baik, 26,,25% siswa tergolong dalam kategori baik dan 13,75% siswa tergolong dalam kategori sangat baik. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap hasil belajara siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri Se Kecamatan Medan Labuhan pada semester ganjil T.P. 2018/2019. Keadaan ini dilihat dari uji t sebesar 4,098 > t tabel 1,664 dengan taraf signifikan 95% atau α = 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 GEO 075
Keywords: KOMPETENSI GURU DAN HASIL BELAJAR
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:18
Last Modified: 30 Apr 2020 05:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36382

Actions (login required)

View Item
View Item