RANTI, CHAIRANI ARIFAH (2019) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI SE KECAMATAN MEDAN LABUHAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 3132131005 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
02.NIM 3132131005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
03. NIM 3132131005 KPREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
04. NIM 3132131005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
05. NIM 3132131005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
06. NIM 3132131005 TABLES.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
07. NIM 3132131005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. NIM 3132131005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
09. NIM 3132131005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
14. NIM 3132131005 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM 3132131005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keadaan kompetensi profesional guru geografi kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri Se Kecamatan Medan Labuhan. (2) keadaan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri Se Kecamatan Medan Labuhan. (3) pengaruh antara kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri Se Kecamatan Medan Labuhan pada semester ganjil T.P. 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Se Kecamatan Medan Labuhan. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru yang profesional di dua SMA yakni SMA Negeri 9 Medan Labuhan satu orang guru dan SMA Negeri 20 Medan Labuhan satu orang guru, sehingga populasi berjumlah 2 orang guru. Sumber data ditentukan 30% dari jumlah siswa kelas XI IPS (296 orang) sehingga berjumlah 80 orang. Terkait pengumpulan data yang digunakan yakni teknik komunikasi langsung dan teknik analisis data yang dipakai adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) keadaan kompetensi profesional guru geografi kelas XI IPS di SMA Negeri Se Kecamatan Medan Labuhan pada semester ganjil T.P. 2018/2019 tergolong dalam kategori sangat baik. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata sebesar 3,38. (2) hasil belajar siswa kelas XI IPS semester ganjil T.P. 2018/2019 pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri Se Kecamatan Medan Labuhan tergolong sangat baik. Hal ini diperlihatkan dari 60% siswa dala kategori baik, 26,,25% siswa tergolong dalam kategori baik dan 13,75% siswa tergolong dalam kategori sangat baik. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap hasil belajara siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri Se Kecamatan Medan Labuhan pada semester ganjil T.P. 2018/2019. Keadaan ini dilihat dari uji t sebesar 4,098 > t tabel 1,664 dengan taraf signifikan 95% atau α = 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 GEO 075 |
Keywords: | KOMPETENSI GURU DAN HASIL BELAJAR |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:18 |
Last Modified: | 30 Apr 2020 05:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36382 |