WARUWU, TITUS PENIEL (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.7152144016 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM.7152144016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
3. NIM.7152144016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
4. NIM.7152144016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM.7152144016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM.7152144016 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM.7152144016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM.7152144016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9.NIM.7152144016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
13. NIM.7152144016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM.7152144016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah rendahnya hasil belajar siswa serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap aktivitas dan hasil belajar kearsipan siswa Kelas X ADM SMK Negeri 7 Medan T.P
2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di Jln.
STM No. 12, Kp. Baru, Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X ADM yang berjumlah 6 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah teknik Simple Random Sampling, dimana sampelnya terdiri dari dua kelas
yaitu kelas X ADM 1 sebagai kelas eksperimen dan X ADM 3 sebagai kelas kontrol.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah two group pre-test dan post-test design.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk
pilihan ganda sebanyak 20 soal dan lembar observasi untuk mengamati aktivitas
belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “uji-t”.
Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang
diajar dengan menggunakan model pembelajaran Time Token ( X =80,28 dan SD =
9,38) lebih tinggi dari nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan
model konvensional ( X =70,83 dan SD = 10,45). Dari pengujian hipotesis yang
dilakukan dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (n1+n2-2), diperoleh
thitung = 4,06 sedangkan ttabel = 1,67 yang diperoleh melalui interpolasi sehingga
thitung>ttabel yaitu 4,06>1,67. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima.
Pengujian untuk hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada aktivitas belajar siswa
pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (n1+n2-2), diperoleh thitung = 3,65 sedangkan
ttabel = 1,67 yang diperoleh melalui interpolasi sehingga thitung>ttabel yaitu 3,65 >1,67.
Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima.
Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Time
Token terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X ADM SMK Negeri 7 Medan
T.P 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ADP 085 |
Keywords: | model pembelajaran time token, hasil belajar, aktivitas belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:15 |
Last Modified: | 12 Mar 2021 01:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36359 |