PURBA, CITRA ANGELINA (2019) PENGEMBANGAN HANDOUT SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI TEKS CERITA ULANG BIOGRAFI KELAS X SMK SWASTA MANDIRI PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 2153111004 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
02 NIM 2153111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
03 NIM 2153111004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
04 NIM 2153111004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
05 NIM 2153111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
06 NIM 2153111004 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07 NIM 2153111004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08 NIM 2153111004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09 NIM 2153111004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
13 NIM 2153111004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14 NIM 2153111004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar berbentuk handout materi teks cerita ulang biografi, (2) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar berbentuk handout materi teks cerita ulang biografi, dan (3) mengetahui keefektifan bahan ajar berbentuk handout materi teks cerita ulang biografi Kelas X SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan sampel 26 siswa dengan metode R&D (Research and Development) dan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbentuk handout materi teks cerita ulang biografi tergolong kategori “sangat baik”. Adapun rata-rata penilaian dari ahli materi ialah 93,53% (kelayakan isi 91,42%, kelayakan penyajian 92,50%, dan kelayakan bahasa 96,67%) dan ahli desain sebesar 92%. Selanjutnya penilaian oleh guru bahasa Indonesia ialah sebesar 92%. Handout materi teks cerita ulang biografi juga diuji coba sebanyak dua kali, yakni uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Uji coba skala kecil sebanyak 10 siswa memperoleh skor sebesar 84% dengan kriteria “sangat baik” dan uji coba skala besar sebanyak 26 siswa memperoleh skor sebesar 92,38% dengan kriteria “sangat baik”. Selanjutnya, penggunaan handout materi teks cerita ulang biografi juga efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan nilai. Adapun rata- rata skor sebelum (pretest) menggunakan handout ialah 68,8 sedangkan rata-rata skor sesudah (postest) menggunakan handout ialah 80. Ada peningkatan sebesar 11,2 poin. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa handout materi teks cerita ulang biografi yang dikembangkan dengan model ADDIE layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar teks cerita ulang biografi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 168 |
Keywords: | Pengembangan Handout, Teks Cerita Ulang Biografi, Model Addie |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:13 |
Last Modified: | 30 Apr 2020 05:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36334 |