Dahliani (2019) ANALISIS PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENGHAPAL AL-QURAN PADA ANAK USIA DINI DI PAUD BAIT QURANY SALEH RAHMANY KOTA BANDA ACEH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176181003 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. NIM. 8176181003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
3. NIM. 8176181003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4. NIM. 8176181003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
5. NIM. 8176181003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM. 8176181003 TABLES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 8176181003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM. 8176181003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8176181003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
13. NIM. 8176181003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
14. NIM. 8176181003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini, (2) Menelaah pelaksanaan pembelajaran menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini, (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan (4) mendeskripsikan faktor penghambat menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini di Paud Bait Qurany Saleh Rahmany.Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah : wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaksi Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak yaitu kemampuan minat alamiah yang dilatih berulang-ulang secara optimal hingga menjadi sebuah prestasi, (2) pelaksanaan pembelajaran menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini dilakukan dengan menggunakan metode talqin,teknik menghafal dengan rumus jarimatika, dengan pola visual,audio, dan kinestetik, (3) faktor pendukung dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an yaitu dukungan orang tua, minat dan bakat, media, serta fasilitas sekolah yang memadai, (4) faktor penghambat dalam pembelajaran menghafal yaitu faktor intern anak dan faktor ekstern anak.Hasil penelitian dianjurkan dapat diterapkan di semua Paud berbasis tahfiz qur’an dengan mengkolaborasi kurikulum nasional dan kurikulum khas sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | kemampuan, menghafal, anak usia dini |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP173.25 Islamic sociology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:13 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36328 |